DIFUSI DAN OSMOSIS

BENTUK-BENTUK TRANSPOR PASIF

DIFUSI dan OSMOSIS

Transpor pasif adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Perpindahan molekul tersebut terjadi secara spontan dari konsentrasi tinggi ke rendah. Contoh transpor pasif adalah difusi dan osmosis.

1.Difusi

Difusi dapat diartikan perpindahan zat (padat, cair, dan gas) dari

larutan konsentrasi tinggi (hipertonis) ke larutan dengan konsentrasi rendah

(hipotenis). Dengan kata lain setiap zat akan berdifusi menuruni gradien

konsentrasinya. Hasil dari difusi adalah konsentrasi yang sama antara larutan

tersebut dinamakan isotonis.

Molekul-molekul yang bersifat hidrofobik dapat bergerak dengan mudah melalui membran daripada molekul-molekul hidrofolik. Molekul-molekul yang besar dan ion dapat bergerak melalui membrane.

Contoh gambar difusi:

2.OSMOSIS

Osmosis merupakan difusi air melalui selaput semipermeabel. Air akan bergerak dari daerah yang mempunyai konsentrasi larutan rendah ke daerah

yang mempunyai konsentrasi larutan tinggi. Tekanan osmosis dapat diukur dengan suatu alat yang disebut osmometer. Air akan bergerak dari daera dengan tekanan osmosis rendah ke daerah dengan tekanan osmosis tinggi. Sel akan mengerut jika berada pada lingkungan yang mempunyai konsentrasi larutan lebih tinggi.

Hal ini terjadi karena air akan keluar meninggalkan sel secara osmosis. Sebaliknya jika sel berada pada lingkungan yang hipotonis (konsentrasi rendah) sel akan banyak menyerap air, karena air berosmosis dari lingkungan ke dalam sel. Jika sel-sel tersebut adalah sel tumbuhan, maka akan terjadi tekanan turgor apabila dalam lingkungan hipotonis. Sebaliknya jika sel tumbuhan beradapad lingkungan hipertonis, dapat mengalami plasmolisis yaitu terlepasnya sel dari dinding sel.

PERCOBAAN:

1.        Ambil  dan 3 potong kentang lalu timbang dan catat berapa gram               beratnya.

2.        Sementara itu buatlah larutan garam dengan melarutkan garam ke dalam air sebanyak 150 ml. dan juga larutan gula dengan cara yang sama.

3.        Rendam dan 3 potong kentang tersebut ke dalam larutan garam yang telah di persiapkan dalam cawan petri dan biarkan selama 3 jam.

4.        Lakukan hal yang sama terhadap potongan yang lain kemudian rendam dengan jumlah potongan yang sama ke dalam larutan gula dan air biasa lalu biarkan selama 3 jam di cawan petri.

5.         Setelah 3 jam, angkat potongan kentang dan apel lalu keringkan larutan yang menempel dengan tisu kemudian timbang kembali potongan tersebut. Catat berapa gram beratnya dan bandingkan dengan pengukuran sebelum direndam.

.

Hasil pengamatan

Percobaan I

  Setelah direndam dengan dengan larutan garam, kentang yang awalnya beratnya adalah 17,95 gram kemudian berubah menjadi 12,05 gram.

  Setelah direndam dengan larutan gula, kentang yang awalnya beratnya 17,9 gram kemudian berubah menjadi 15,03 gram.

  Setelah direndam dalam air biasa, kentang yang awalnya 18,5 gram kemudian berubah menjadi 19,05 gram.

Kesimpulan

Percobaan I

Kentang yang direndam dalam larutan garam dan gula mengalami osmosis dimana kandungan air dalm kentang dan apel lebih besar sehingga air cenderung keluar yang menyebabkan berat kentang dan apel berkurang(hipertonis).

Kentang yang direndam dalam air biasa juga mengalami osmosis dimana kandungan air yang ada di luar kentang lebih besar sehingga air cenderung masuk dan menyebabkan berat kentang bertambah(hipotonis).

Contoh gambar osmosis :

Contoh gambar difusi dan osmosis:

A.gambar OSMOSIS

B.Gambar OSMOSIS

C.Gambar Difusi dan Osmosis

About these ads

About ranisa0404

a girl who like TEMPE very much. have motto:"belajar dari masa lalu,bekerja untuk hari ini,dan berharap untuk hari esok."
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s